EDUCATION

Taruna Quran Foundation menjalankan bidang PENDIDIKAN dengan berbagai program yang variatif dengan harapan dapat memberikan kontribusi pada pembangunan kualitas masyarakat Indonesia. Program-program dalam bidang PENDIDIKAN adalah sebagai berikut:


STQ (Sekolah Taruna Quran)

Sekolah merupakan lingkungan kedua yang paling berpengaruh terhadap karakter anak setelah lingkungan rumah bersama orangtua. Tujuan utama sekolah sejatinya adalah membentuk karakter anak dengan nilai-nilai kebaikan dan menyiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa datang.

Sekolah Taruna Quran merupakan lembaga pendidikan tingkat TK dan SD yang didirikan oleh Taruna Quran Foundation dengan program berkualitas yang menyentuh pada aspek spiritual, emosional, intelektual dan fisikal. Diharapkan Sekolah Taruna Quran dapat menjadi sekolah yang terbaik, sebuah sekolah tanpa kegagalan, semua anak teridentifikasi bakat, keterampilan dan kecerdasannya yang akan memaksimalkan potensi mereka untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi umat.


MTQ (Majelis Taruna Quran)

Majelis Taruna Quran (MTQ) merupakan majelis ilmu yang mengkaji keilmuan Islam untuk lebih mencintai Al Quran dengan memperbaiki cara membacanya, berikhtiar untuk menghafal ayat-ayatnya, kemudian mempelajari kandungan didalamnya sehingga menjadi pribadi muslim yang dekat dengan Allah SWT.

MTQ sebagai majelis ilmu diharapkan dapat menginisiasi syiar dakwah yang berkelanjutan dengan didirikannya Lembaga Pendidikan Quran baik di masjid perumahan atau perkantoran. Lembaga Pendidikan Quran ini diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran Al Quran baik tahsin (belajar membaca Al Quran) maupun tahfidz (menghafal Al Quran). Dalam hal ini, Taruna Quran Foundation telah memiliki standarisasi pembelajaran Al Quran dengan metode QURANUNA yang aplikatif dan sederhana.


RTQ (Rumah Taruna Quran)

Rumah Taruna Quran adalah sarana pembelajaran Al Quran bagi para PEMUDA muslim. Rumah Taruna Quran memiliki tujuan untuk menjadi pusat pencetak generasi muda yang memiliki karakter Qur’ani, Tarbawi, dan Da’awi.

Rumah Taruna Quran diperuntukan bagi para pemuda untuk menghafal Al Quran 30 Juz serta mempelajari ilmu-ilmu keislaman dan ilmu lainnya selama 2 (dua) tahun. Program yang terdapat dalam Rumah Taruna Quran merupakan program pengkaderan para calon Dai Al Quran. Selama masa program selama 2 (dua) tahun, para santri memiliki kewajiban untuk dakwah Al Quran di masyarakat dengan mengajar Al Quran bagi anak-anak dan remaja terutama di sekitar lokasi Rumah Taruna Quran.


ATM (Al Quran Training Mastery)

img_20160618_101027ALQuran Teaching Mastery (ATM) merupakan program pelatihan mengajar Al-Qur’an metode QURANUNA yang merupakan metode aplikatif dan sederhana dalam membaca Al Quran dengan baik dan benar.

Program ATM ini diikuti oleh para pengajar Al Quran baik di Sekolah maupun di TPA untuk memberikan pemahaman yang baik tentang metode mengajar Al Quran dengan tepat. Ada 2 (dua) hal utama yang akan dibahas dalam program pelatihan ATM ini. Pertama metode, karena metode mengajar lebih utama dibanding materi yang akan diajarkan (at thoriiqutu ahammu minal maddah). Kedua guru, karena visi dan nilai-nilai yang dimiliki dari seorang guru lebih utama dibanding metode pengajaran (Al ustaadzu ahammu minat thoriiqoh).