Mari Mengstimewakan Ramadhan

Sesungguhnya puasa bukan hanya meninggalkan makanan dan minuman namun juga meninggalkan sesuatu yg sia-sia dan perbuatan dusta, jika ada seseorang mencelamu atau bertindak bodoh terhadap dirimu maka katakanlah sesungguhnya aku sedang berpuasa (HR. Bazzar)

Saudaraku, apalah artinya kita puasa namun lisan tak terjaga

Apalah artinya puasa namun tak mampu mengistimewakan ramadhan

Seorang ahlus sunnah adalah :

Mereka yg menyeru kepada jalan Allah SWT bukan suka berseteru

Mereka yg merangkul bukan memukul

Mereka yg membimbing bukan menuding

Mereka yg membina bukan menghina

Mereka yg mengajak bukan mengejek

Mereka yg mejaga persatuan bukan senang memecah belah

Lisannya terjaga, yg keluar darinya adalah bahasa yg santun, menyejukkan setiap orang yg mendengar, menjaga kehormatan saudaranya, memberikan nasehat dengan cinta.

Bagaimana kita selamat di luar ramadhan jika di bulan ramadhan lisan ini tak selamat

Rasul bersabda : celakalah orang-orang yg tak mendapatkan ampunan Allah di bulan yg mulia.

Saudaraku, jangan hiraukan orang yg mencercamu krn mereka tak mengenalmu sebagaimana masyarakat thoif yg melempari batu karena belum mengenal Rasulallah SAW

Teruslah berjuang kedepankan akhlaq, jngan terlalu dekat dengan penguasa krn kalian akan dijadikan alat kepentingan, sehingga dakwah tak lagi obyektif, asal tuduh tanpa data yg valid….

“Sahabat Ka’ab bin ‘Ujrah radhiyallaahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
سَيَكُونُ بَعْدِي أُمَرَاءُ؟ فَمَنْ دَخَلَ عَلَيْهِمْ فَصَدَّقَهُمْ بِكَذِبِهِمْ وَأَعَانَهُمْ عَلَى ظُلْمِهِمْ فَلَيْسَ مِنِّي وَلَسْتُ مِنْهُ وَلَيْسَ بِوَارِدٍ عَلَيَّ الحَوْضَ، وَمَنْ لَمْ يَدْخُلْ عَلَيْهِمْ وَلَمْ يُعِنْهُمْ عَلَى ظُلْمِهِمْ وَلَمْ يُصَدِّقْهُمْ بِكَذِبِهِمْ فَهُوَ مِنِّي وَأَنَا مِنْهُ وَهُوَ وَارِدٌ عَلَيَّ الحَوْضَ
Sesudahku akan banyak para penguasa, siapa yang mendatangi mereka, lalu membenarkan kebohongan mereka dan menolong kezaliman mereka, maka ia bukan dari golonganku, akupun bukan dari golongannya, dan ia tidak akan mendatangiku di telaga. Siapa yang tidak mendatangi mereka, tidak menolong kezaliman mereka dan tidak membenarkan kebohongan mereka, maka ia termasuk golonganku, akupun termasuk golongannya dan akan mendatangiku di telaga.
Hadits shahih riwayat Ahmad juz 3 hlm 321, al-Tirmidzi [609], al-Nasa’i juz 7 hlm 161, dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban juz 1 hlm 248, 250 dan 251, dan al-Hakim juz 1 hlm 79.

Semoga allah selamatkan kita dibulan penuh rahmat.. aamiin
—————————————
Lukmanul Hakim, M.A

Taruna Quran Foundation

Fb: tarq strategic
Ig : taruna.quran
www.tarunaquran.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *