YOUTH ENRICHMENT

Taruna Quran Foundation menjalankan bidang KEPEMUDAAN dengan memberikan wadah berkumpulnya anak-anak muda dalam sebuah komunitas yang dinamakan Pemuda Peduli Quran dengan semangat “Peduli pada Kebaikan dengan Nilai Al Quran”.

Taruna Quran Foundation memiliki program kepemudaan karena ada harapan besar berada di pundak para pemuda sebagai pelopor kebaikan di masyarakat, hal tersebut karena mereka setidaknya memiliki 2 (dua) keistimewaan. Yaitu

Pertama ,pemuda adalah aset. Masa depan umat dan bangsa berada di tangan para pemuda. Dalam sejarahnya, pendukung utama dakwah Rasulullah SAW adalah para pemuda. Para pejuang dan Dai di masa dakwah Islam terdahulu berasal dari kalangan pemuda. Bahkan ramalan Rasulullah SAW yang terbukti tentang pembuka syiar Islam di Konstatinopel adalah anak muda.

Kedua ,para pemuda memiliki keistimewaan khas yaitu semangat. Semangat inilah yang perlu diarahkan dan dikendalikan agar dapat menghasilkan multi manfaat. Salah satunya dengan menjadikan waktu yang mereka miliki bernilai produktif sehingga dapat terbentuk karakter yang multi manfaat baik bagi dirinya, keluarga maupun lingkungan masyarakat.

Beberapa program dari komunitas Pemuda Peduli Quran antara lain:



Pemuda Pemakmur Masjid

Masjid dijadikan oleh Rasulullah SAW sebagai poros peradaban Islam. Masjid menjadi ruh kebaikan dari suatu lingkungan masyarakat. Jumlah TQ-IDMBjamaah yang mendirikan sholat di masjid dapat menjadi cerminan seberapa besar masyarakat menerapkan nilai-nilai Islam. Bila beberapa masjid mayoritas jamaahnya dari kalangan orang tua, maka diperlukan progam menarik untuk mengajak anak-anak muda untuk cinta pada masjid.

Pemuda Peduli Quran sebagai komunitas yang didirikan oleh Taruna Quran Foundation memiliki program Pemuda Pemakmur Masjid untuk kembali menghadirkan anak-anak muda yang cinta serta bahagia untuk memakmurkan masjid dengan kegiatan variatif dan menarik.

Program Pemuda Pemakmur Masjid akan bekerjasama dengan Remaja Masjid (bila ada) dalam menyelenggarakan beberapa kegiatan, diantaranya:
  • Pelatihan manajemen organisasi Remaja Masjid
  • Pendirian taman baca (perpustakaan) masjid
  • Kerja Bakti masjids.
  • Bedah (interior&eksterior) masjid

Pemuda Berdaya Guna

Pemuda Peduli Quran sebagai wadah berkumpulnya anak-anak muda untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan dapat memberikan manfaat bagi diri mereka serta orang lain, memiliki program pengembKUMangan finansial yang dinamakan Pemuda Berdaya Guna.

Pemuda Berdaya Guna ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi anak-anak muda terutama yang tergabung dalam Remaja Masjid serta sebagai program pelengkap dari Pemuda Pemakmur Masjid. Kegiatan dari program Pemuda Berdaya Guna ini akan disentralkan di masjid sebagai salah satu daya tarik agar anak-anak muda kembali memakmurkan masjid.

Program ini akan mengarahkan anak-anak muda untuk memilih bidang usaha apa yang pas dan cocok untuk dilaksanakan sesuai dengan bakat dan potensi mereka. Selain itu, ada tiga pembelajaran utama yang akan diberikan yaitu bagaimana mendirikan, mengelola dan mengembangkan sebuah usaha. Program Pemuda Berdaya Guna ini pun akan bekerjasama dengan Remaja Masjid (bila ada) dalam menyelanggarakan kegiatannya

Rangkaian kegiatan Pemuda Berdaya Guna antara lain:
  • Training & workshop
  • Business Camp
  • Life Mentoring
  • Business Mentoring
  • Field Trip
  • Internship
  • Investor meeting

Perkemahan Pemimpin Muda

Dua aset terbesar yang dimilki oleh seorang pemuda adalah semangat dan kekuatan fisik. Bila dua hal tersebut dikembangkan dalam atmosfer kebaikan, maka ia dapat memberikan dampak kebaikan yang sangat besar kepada masyarakat. muslim campApalagi nasib bangsa ini di masa yang akan datang sangat tergantung pada pemuda. Dalam sejarah peradaban manusia, pemudalah yang menjadi pelopor dari setiap kebangkitan suatu bangsa. Begitu pun dalam sejarah peradaban Islam di Eropa yang diawali oleh ketangguhan dan kegigihan dari seorang pemuda bernama Muhammad Al Fatih. Di usianya yang masih muda memiliki karakter kepemimpinan terbaik seperti apa yang diramalkan oleh Rasulullah SAW.

Program Perkemahan Pemimpin Muda merupakan program unggulan dari Pemuda Peduli Quran dalam membentuk karakter kepemimpinan anak-anak muda dengan menjadikan Muhammad Al Fatih sebagai model kepemimpinan yang akan dipelajari. Diantara karakter kepemimpinan dari Muhammad Al Fatih adalah Kepercayaan Diri, Keberanian, Komunikatif dan Perencana Strategis.

Perkemahan Pemimpin Muda ini juga akan memadukan program spiritual, emosional, intelektual dan fisikal yang akan dilaksanakan dengan bentuk outdoor activities.